Senin, 21 Januari 2013

Membaca yang Efektif

Buku adalah gudang ilmu. Kita mendapatkan ilmu dari buku dengan membaca. Tapi sering kali kita mengalami kesulitan dalam memahami buku yang kita baca. Padahal buku itu bagus dan bahasanya mudah dan tidak rumit tetapi kenapa kita susah memahaminya?. Bisa jadi itu dikarenakan kita menjadi seorang pembaca yang tidak efektif dalam membaca buku. Berikut ini adalah beberapa kiat-kiat yang pantas dan sederhana untuk di coba dalam memahami buku.
  1. Pada saat memulai membaca buku cobalah baca bagian sampul luar belakang buku dahulu. Hal ini cukup memberikan gambaran sekilas tentang isi buku.
  2. Kemudian bacalah daftar isi buku. Hal ini memberikan gambaran lebih rinci tentang isi dari buku itu.
  3. Yang terakhir bacalah kata pengantar dari penulis. Hal ini akan memahamkan kita bagaimana karakter sang penulis, tujuan menulis buku ini, dan sudut pandang sang penulis dalam menulis karyanya.
  4. Bacalah buku lebih dari sekali. Karena beberapa bagian penting kita lewatkan dalam membaca saat membaca pertama kali dan hal ini membantu kita melengkapi informasi kita tentang buku ini.
  5. Bacalah buku dengan lingkungan yang mendukung. Jangan ditempat yang memiliki banyak gangguan, misalnya ribut.
  6. Biasakan untuk mencatat poin-poin penting dari buku itu. Hal ini selain menguatkan pemahaman kita juga mempertajam ingatan kita tentang buku itu.
  7. Bacalah buku dengan jarak baca normal 25-40cm
  8. Bacalah buku ditempat yang cukup cahaya. Cahaya lemah kan membuat mata kita cepat lelah.
Selamat Mencoba, semoga bermanfaat…

0 komentar:

Posting Komentar