Kamis, 31 Januari 2013

Cari Link Rusak pada Blog

Link rusak atau link yang sudah tidak aktif lagi, memang akan sedikit mengganggu kenyamanan blog kita atau bahkan pengunjung kita. Selain itu, terdapatnya link rusak atau link yang tidak aktif lagi juga dapat merusak aktifitas SEO di blog kita dan menjadikan blog kita menjadi jelek bagi SEO tersebut.

Nah, daripada berlama-lama terus, lansung saja kita bahas tentang Cari Link Rusak pada Blog .
 1. Silahkan masuk di http://www.brokenlinkcheck.com
2. Masukkan URL blog Anda dan klik Find Broken Links


3. Selanjutnya, masukkan security code-nya sesuai dengan yang terpajang dan klik Find Broken Links Now!

catatan:
* Report distinct broken links only: Pilih untuk melaporkan link rusak saja
* Report all occurences of each dead link (may be slower): Pilih untuk melaporkan semuanya, baik itu link rusak, link mati apapun deh, tapi ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
Kalau saya, pilih yang pertama saja.

4. Tunggu sampai prosesnya selesai untuk menemukan berapa banyak link yang terdapat di blog kamu dan berapa banyak link yang rusak atau tidak aktif lagi. Setelah menunggu beberapa menit Anda akan menemukan berapa banyak link yang telah rusak atau tidak aktif lagi. Silahkan lihat tampilan di bawah ini, yaitu hasil dari pencarian link rusak yang terdapat di blog saya.


Lihat, ternyata cuma ada satu, terus bagaimana cara menghapus atau memperbaikinya? Klik saja src (tulisan yang berkedip-kedip tersebut), maka Anda akan dibawa ke tempat html di mana link rusak tersebut berada. Bisa di postingan, komentar atau widget yang ada di blog kamu.

Catatan lagi:
* Pada server response, jika tulisannya Timeout seperti link pada blog saya ini, sebenarnya itu tidak terlalu masalah, karena maksudnya ketika kita menuju ke link tersebut maka terkadang akan terjadi "problem" karena terlalu lama server menuju ke blog tersebut. Namun, bisa jadi link tersebut suatu saat nanti akan kembali normal lagi atau tidak menjadi link rusak.
* Jika pada server response, tulisannya Bad Host, bisa jadi link tersebut terdapat kesalahan tulisan, maka segera Anda memperbaikinya. Misalnya, link blog ini yaitu, http://cari_ilmu.blogspot.com ternyata yang saya ketik tidak pakai dot (.), jadi hasilnya http://cari_ilmu.blogspotcom.
*Namun jika pada server response, tulisannya 404, berarti link tersebut memang tidak aktif lagi. Mungkin di hapus oleh pengguna link tersebut. Jadi sebaiknya Anda lansung hapus link tersebut dari blog Anda.

0 komentar:

Posting Komentar